Tuesday, December 24, 2019

Cara Menentukan atau Setting Thermal Overload Rellay ( TOR )

Selamat datang di MTI

Kali ini saya akan sedikit mengulas bagaimana cara setting Thermal Overload rellay yang benar dan aman untuk beban.

di sini saya akan memberikan contoh settingan TOR untuk motor induksi 3 phase

Bagaimana cara setting yang benar ?

tetapi sebelum melanjutkan, hanya sekedar mengingatkan
cara ini cara yang sering saya gunakan dan cara paling aman menurut saya, dan ini berlaku untuk rangkaian DOL Delta


cara setting thermal overload ada beberapa hal yang harus di perhatikan

1. Daya motor induksi,
   
     Daya motor dapat di lihat pada name plate misalnya tertulis ( lihat di kolom ampere ) 6 A

2. Trip Ampere Persentase pada thermal overload lihat di spesifikasi TOR biasanya ada di posisi samping Misal tertulis trip ampere 125%, ini artinya adalah TOR akan trip jika amper yang mengalir pada TOR mencapai ( setting x 125%)



Contoh :

tertulis motor induksi dengan daya 6 Amper
Jika TOR kita setting pada posisi 6 Amper maka TOR akan trip jika arus yang melewati TOR

6 A x 125% = 7,5 amper

dengan setting seperti ini apakah menurut kita aman ? kalau menurut saya pribadi kurang aman,

dan banyak yang malah setting yang menurut saya salah kaprah, yaitu spesifikasi trip amper presentasinya di kalikan ke daya motor, ya resikonya TOR tidak memproteksi secara baik karena amper akan semakin jauh.

misal ada yang setting TOR dengan cara tersebut, contoh

Motor 6 A x 125% = 7,5 Amper
TOR di setting 7,5 Amper
padahal spek trip ampernya 125%
jadi, 7,5 A x 125 % = 9,4 Amper

Motor 6 Amper tetapi TOR akan Trip Di 9,5 Amper

nah bahaya kan, jika motor kelebihan beban misal amper mencapai 8,5 amper,  TOR gak Trip tapi Motor bisa terbakar, karena over current.


Nah bagaimana cara setting TOR untuk Motor Induksi agar aman ??

Kembali lihat di name plate, pada kolom COS Q ( COS phi ) , misal terlihat COS Q 80%

berarti setting TOR yang aman adalah,

6 A x 80% = 4,8 Amper

Setting lah TOR pada Posisi 4,8 Amper

jadi TOR akan trip jika arus yang mengalir mencapai

4,8 A x 125%  =  6 Ampere

okay sobat MTI itulah sedikit sesuatu yang sering saya lakukan, semoga bermanfaat dan terhindar dari motor terbakar  kerena kelebihan beban yang nanggung,, hehe

Salam

No comments:

Post a Comment